Sabtu, 02 Juni 2012

RPP UJIAN LISNAWATI

 MATERI PEMBELAJARAN Teks cerita pendek MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit) Metode pembelajaran Diskusi Unjuk kerja Penugasan BAHAN Lembar kerja Spidol
RPP Mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung.
SEKOLAH :SMA KARTIKA
MATA PELAJARAN :BAHASA INDONESIA
KELAS : X
SEMESTAR: SATU
ALOKASI WAKTU: 2X45
STANDAR KOMPETENSI Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.
KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman

sekolahwaktu materi pembelajaran
model pembelajaran

kopetensi dasar
standar kopetensibahan
SMA Kartika2x4 Teks cerita pendek

pembelajaran langsung (eksplisit)
menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman

menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman

SMA Kartika2x4Teks cerita pendekpembelajaran langsung (eksplisit)
mendengarkan
menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman
SMA Kartika2x4Teks cerita pendekpembelajaran langsung (eksplisitmengidentifikasi unsur sastra
(instrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaan
mendengarkan


menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman
SMA Kartika2x4Teks cerita pendekpembelajaran langsung (eksplisi

mendengarkan

mendengarkan


menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman
ALAT Teks Cerita Pendek SKENARIO PEMBELAJARAN No Kegiatan Penilaian Pengamat 1 2 3 4 PERTEMUAN I A1 Kegiatan awal (10 menit) Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir. Guru memberi motivasi kepada siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra B1 Kegiatan inti (25 menit) Siswa membentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok. Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan. Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian. Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen. Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut dan jelas di depan kelas. Siswa bertanya jawab/menanggapi informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional dan logis. C1 Kegiatan akhir (10 menit) Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini. Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini. Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam. SUMBER PEMBELAJARAN Buku: Bahasa dan Sastra Indonesi Silabus EVALUASI DAN PENILAIAN Tugas Individu: Menggunakan LKS Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan LP 1 Bentuk Instrumen Penilaian: Uraian Bebas Jawaban Singkat   LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar