MATERI PEMBELAJARAN
Teks cerita pendek
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
Metode pembelajaran
Diskusi
Unjuk kerja
Penugasan
BAHAN
Lembar kerja
Spidol
RPP Mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung.
SEKOLAH :SMA KARTIKA
MATA PELAJARAN :BAHASA INDONESIA
KELAS : X
SEMESTAR: SATU
ALOKASI WAKTU: 2X45
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman
sekolah | waktu | materi pembelajaran
| model pembelajaran
|
kopetensi dasar | standar kopetensi | bahan |
SMA Kartika | 2x4 | Teks cerita pendek
|
pembelajaran langsung (eksplisit) | menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman |
menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman |
|
|
SMA Kartika | 2x4 | Teks cerita pendek | pembelajaran langsung (eksplisit) |
mendengarkan | menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman |
SMA Kartika | 2x4 | Teks cerita pendek | pembelajaran langsung (eksplisit | mengidentifikasi unsur sastra
(instrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaan | mendengarkan
|
|
menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman |
|
SMA Kartika | 2x4 | Teks cerita pendek | pembelajaran langsung (eksplisi
|
mendengarkan |
mendengarkan |
menanggapi penjelasan tentang tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman |
ALAT
Teks Cerita Pendek
SKENARIO PEMBELAJARAN
No Kegiatan Penilaian Pengamat
1 2 3 4
PERTEMUAN I
A1 Kegiatan awal (10 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
Guru memberi motivasi kepada siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra
B1 Kegiatan inti (25 menit)
Siswa membentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok.
Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan.
Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian.
Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen.
Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut dan jelas di depan kelas.
Siswa bertanya jawab/menanggapi informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional dan logis.
C1 Kegiatan akhir (10 menit)
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.
SUMBER PEMBELAJARAN
Buku: Bahasa dan Sastra Indonesi
Silabus
EVALUASI DAN PENILAIAN
Tugas Individu: Menggunakan LKS
Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan LP 1
Bentuk Instrumen Penilaian:
Uraian Bebas
Jawaban Singkat
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1
Standar Kompetensi
Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar