Jumat, 01 Juni 2012

ANAKES

MEMBUAT KURSI DENGAN ALAT SEDERHANA.
Kursi mewah yang banyak dipakai di hotel, vila, dan rumah-rumah mewah di luar negeriitu ternyata berasal dari Cirebon. Barang itu merupakan hasil karya tangan dan jiwa seni anak-anak desa di daerah Cirebon. Dengan alat sederhana, para perajin memotong-motong rotan. Kemudian, menciptakan berbagai bentuk kerangka kursi dan meja. Setelah kerangka itu diampeas, lalu dupasang anyaman pengganti rotan yang terbuat dari kertas dan semen. Kertas semen itu dipilih-pilih menjadi seutas tali, lalu dianyam. Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah dibungkus kertas semen. Dengan demikian, terbentuklah anyaman tali kertas seperti lembaran kertas yang disebut loom. Bahan baku berupa lembaran anyaman kertas ini masih didatangkan dari Eropa.

ANALISIS WACANA
1.    Dari contoh di atas termasuk  jenis wacana procedural kaena isi wacana ini menceritakan urutan-urutan cerita/ pebuatan sebuah kursi mewah yakni  dari mana kursi itu dibuat, cara-cara pembuatan kursi yang dimulai dari memotong-motong rotan, membuat kerangka kursi dan meja hingga terbentuk sebuah kursi mewah.
2.    Konteks wacana diatas yaitu kerjinan tangan anak-anak Cirebon membuat kursi dengan alat yang sederhana. Menurut Holliday (1994: 16-17) memberikan konsep yang digunakan utuk menafsirkan konteks situasi teks. Pemerianya dari sudut kerangka konseptual yang sederhana dengan tiga pokok  bahasan yaitu:
a)    Medan wacana  yakni menunjuk pada hal yang  sedang terjadi  yaitu pemberitahuaan atau sebuah penyampaian tentang kursi mewah  di hotel, di vila, dan rumah-rumah mewah yang ada di luar negeri.
b)    Pelibat wacana  yaitu orang-orang yang terlibat yakni hal ini menunjuk anak-anak desa di daerah Cirebon serta karya dan jiwa seni yang dihasilkan.
c)    Sarana wacana yaitu peran dan hal-hal yang dibutukan yakni dengan alat yang sederhana mereka dapat menghasilkan sebuah kursi hingga sampai ke luar negeri, walau hanya dengan alat dan bahan yang ederhana, yaitu memotong-motong rotan, menciptakan kerangka kursi  dan meja, memasang pengganti anyaman rotan, dari kertas semen , memilih salah satunya hingga menjadi seutas tali, dan lalu dianyam hingga menciptakan sebuah  kursi-kursi yang mewah.








1)    Judul dari wacana diatas yaitu MEMBUAT KURSI DENGAN ALAT SEDERHANA.
2)    TopiK dari wacana di atas yaitu PENGALAMAN DAN KREASI TANGAN ANAK CIREBON
3)    Tema dari wacana di atas yaitu MINIMNYA PENGUSAHA SUKSES DALAM BIDANG KERAJINAN DAN SENI


   
.











TUGAS
WACANA






Oleh
LISNAWATI
A1D309087




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar